Friday, February 10, 2012

Duo Eksotis di Gunung Kidul

Pantai Ngobaran

Setelah puas bermain-main dan makan siang di Pantai Ngrenehan, jangan lupa mampir ke pantai di sebelahnya, yaitu Pantai Ngobaran. Pantai yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan. Di sana kita akan disuguhi nuansa yang sama sekali berbeda dengan Pantai Ngrenehan. Yang lebih menarik lagi, di Pantai Ngobaran ini kita tidak hanya menikmati wisata alam saja, tapi juga wisata budaya. 

Sampai di Pantai Ngobaran, kami disambut oleh pemandangan yang sangat memukau. Pantai ini di kelilingi tebing-tebing yang curam, dengan deburan ombak yang bergulung-gulung menghantam dindingnya. Di atas tebing ini berdiri bangunan peribadatan semacam pura, dilengkapi dengan patung-patung dewa yang melambangkan sifat-sifat mulia. Tepat di bibir tebing tersebut berdiri  dengan anggun sebuah patung garuda mirip dengan patung Garuda Wisnu Kencana  yang ada di Bali. Tentu saja ukurannya tidak sebesar patung GWK, hanya sebesar orang dewasa saja. Dan patung ini jadi favorit para pengunjung untuk diajak foto-foto :D.



Tak hanya itu saja, masih ada tempat peribadatan lain yang berdiri, yaitu tempat peribadatan untuk pemeluk kepercayaan Kejawan dan Kejawen.  Apa bedanya Kejawan dengan Kejawen? Tentu saja aku tak tahu.. *halah* hehe.. Nah kalau yang satu ini aku tahu. Agak turun ke bawah tebing, ada sebuah masjid yang menghadap ke arah laut. Loh berarti itu menghadap selatan dong. Padahal pada umumnya masjid berdiri menghadap kiblat. Sungguh aneh memang. Tapi di dalamnya aku melihat ada tanda arah kiblat. Berarti sholatnya tetap menghadap kiblat, walaupun masjidnya menghadap selatan.. Hehe.. 


 
Unik sekali ya? Satu tempat tapi mempunyai beberapa tempat peribadatan. Terbukti bahwa penduduk sekitar pantai ini sangat menjunjung tinggi toleransi, walaupun memeluk agama dan kepercayaan yang berbeda-beda. 


Turun dari tebing menuju ke arah pantai, pemandangannya tak kalah menarik. Di sana kami temui pantai yang landai dengan permukaan batu karang yang ditumbuhi algae. Perpaduan antara air laut yang biru, batu karang yang hitam, algae yang hijau, dan pasir putih, memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini. 


Pantai Nguyahan

 
Beberapa meter dari  Pantai Ngobaran terdapat satu pantai lagi yang tak kalah indahnya, Pantai Nguyahan. Namanya memang kurang familiar dibanding kedua pantai lainnya. Tapi pemandangan yang disuguhkan tak kalah elok. Pantai landai yang membentang dengan hamparan pasir putih dan batu karang di permukaannya. Kamipun bisa berjalan-jalan di atas permukaan karang tersebut hingga ke tengah, sambil menikmati deburan ombak. Sangat eksotis!



Itulah beberapa pantai di Gunung Kidul yang sempat kami kunjungi. Dan masih banyak pantai-pantai eksotis lainnya di daerah ini. Pantai-pantai itu memang belum banyak dikenal orang, sehingga fasilitasnya juga belum cukup memadai dan belum tertata rapi. Semoga kedepannya obyek-obyek wisata ini bisa lebih diperhatikan, dan makin dilirik oleh para wisatawan.

No comments:

Post a Comment