Tuesday, February 26, 2013

Jenang Gulo.. Jangan Lupakan Aku

Kisah cinta memang tak terlupakan. Ada saja yang membuat kita terkenang. Seperti saat ini, tiba-tiba saja sayup-sayup terdengar lagu masa-masa pdkt dengan kekasihku dulu. Lagu itu yang membuatnya klepek-klepek saat mendengar aku menyanyikannya. Pasti banyak yang menyangka aku menyanyikan lagu cinta romantis dari penyanyi internasional, macam Adele, Katy Perry, atau Lady Antebellum. Atau lagu-lagu romantisnya Kahitna dan Geisha. Padahal bukan. Yang aku nyanyikan bukan sebuah lagu biasa, dan tak banyak yang tahu. Aku menyanyikan sebuah lagu campur sari berjudul "Jenang Gulo".

Dia terpana mendengar suaraku mengalun syahdu. Antara heran dan kagum. Heran, karena aku yang bertampang oriental ini, bisa menyanyikan lagu campur sari sefasih itu. Mungkin itu yang ada di pikirannya. Dan aku puas karena strategiku berhasil. Dari awal aku sudah tahu bahwa laki-laki incaranku ini orangnya njawani banget. Jadi aku mengambil hatinya dengan menampilkan sisi jawaku, lewat lagu. Ehemm..
Ada yang penasaran seperti apa lagunya? Ini aku tuliskan liriknya

Jenang gulo,
kowe ojo lali marang aku iki yo kangmas
Nalikane nandang susah sopo sing ngancani,
Dhek semono aku tetep setyo serta tetep tresno yo kangmas.
Durung nate gawe gelo lan gawe kuciwo
Ning saiki bareng mukti kowe kok njur malah lali marang  aku
Sithik-sithik mesti nesu terus ngajak padu
Jo ngono� ojo ngono�
Opo kowe pancen ra kelingan jamane dek biyan yo kangmas
Kowe janji bungah susah padha dilakoni


Lagu ini berirama lembut dan syahdu membuat orang terlena. Tapi daya tarik lagu ini tak hanya itu. Liriknyapun sarat makna. Bukan sekedar tema cinta biasa. Lagu ini mengajarkan kesetiaan, dan mengingatkan kita untuk tidak terlena pada kemakmuran hingga melupakan orang yang selama ini mendampingi kita dalam suka dan duka.
Dan ini terjemahan liriknya secara lengkap

Jenang gulo (gulali : lali, artinya lupa)..
Kamu jangan lupa pada diriku ini
Ketika hidup susah siapa yang menemani?
Dulu aku selalu setia dan cinta
Belum pernah membuat kecewa
Tapi sekarang setelah hidup makmur kamu jadi lupa padaku
Sedikit sedikit kamu marah, terus ngajak berantem
Jangan begitu.. Jangan begitu..
Apa kamu tidak ingat jaman dahulu kangmas
Kamu janji bahagia dan susah sama-sama kita jalani..


Bagus kan liriknya? Dan terbukti lagu dengan bahasa daerah jawa ini mampu menaklukan hati sang gebetan. Nggak kalah dong sama lagu-lagu luar negeri. Jadi siapa nih yang mau ngikuti jejakku, nggebet cowok pakai lagu daerah.. Hihihi
Eh iya cowok gebetanku itu sekarang jadi suamiku loh. Dan kini aku makin suka dengan lagu-lagu berbahasa Jawa, alias lagu-lagu campur sari ;)

 ****

"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway


No comments:

Post a Comment