Saturday, December 1, 2012

RAMAINYA PASAR MALAM KAGET DI KOTA SABANG

Pasar Malam Kaget? baru tahu kan? ya karena saya baru tau juga tadi rupanya di Sabang Fair ada pasar malam, jadi kaget saya makanya saya namakan pasar malam kaget :). Pasar malam ini memang rame nya pas malam hari, kebetulan jam saat saya foto ini masih agak siang jadi pembeli belum pada datang dan penjual masih bersantai ria. biasanya Pasar kaget kayak gini bertahan sebulan tergantung cuaca kantong orang-orang he he he...

Ngomong-ngomong pasar malam, saya cek di wikipedia rupanya pasar malam ada arti dan sejarahnya juga.

Arti Pasar Malam
Pasar malam adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam biasanya merupakan atraksi pariwisata penting di negara-negara sub-tropis dan tropis, ini berhubungan dengan suhu udara di malam hari yang tidak begitu dingin dibandingkan dengan wilayah beriklim dingin. Pasar malam sangat lazim terdapat di Hong Kong, Taiwan dan juga Asia Tenggara.

Sejarah Pasar Malam
Pasar malam (Hanzi: ??, pinyin: ye shi) sudah ada di zaman Dinasti Sui di Tiongkok kuno. Di zaman tersebut, penyelenggaraan pasar diatur secara ketat oleh kekaisaran. Pasar malam pertama tercatat di Chang'an, yang merupakan kota terbesar di zaman tersebut. Dari Chang'an, pasar malam kemudian meluas ke beberapa kota besar lainnya seperti Kaifeng, Luoyang dan Yangzhou. Sampai pada tahun 965 di zaman Dinasti Song, kekaisaran menghapuskan larangan berdagang setelah tengah malam. Di Kaifeng muncul pasar malam yang diadakan sampai pagi hari. Pasar malam seperti ini dikenal dengan istilah pasar hantu (??). Kebiasaan ini kemudian membudaya dan menyebar ke kota-kota lainnya di seluruh Tiongkok. 

No comments:

Post a Comment