Sunday, December 2, 2012

My First Vegetarian Food

Senang sebagian gaji sudah di tangan, kemarin saya dan kakak menyempatkan diri berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan ITC di kawasan Pasar Atum Surabaya. Setelah berjuang mendapatkan meja dan kursi kosong di food court ITC untuk makan siang tiba-tiba kami teringat untuk mencari rumah makan vegetarian di sana.

Setelah menyusuri satu per satu rumah makan, sampailah di rumah makan Harmoni (kalau tidak salah ingat namanya itu). Menunya? Wow hampir 20 menu seingat saya. Semua menunya adalah makanan "normal" seperti rujak cingur, sapi lada hitam, rawon, dan lainnya. Tapi..tentu saja non hewani alias semuanya sayuran. Karena bingung ingin makan apa maka saya memilih sup Tom Yum. Ini sup sea food favorit saya. Penasaran seperti apa "hasilnya" dalam versi non hewani he he.

Jika makan di tempat ini haruslah sabar menunggu, untuk 1 hidangan kurang lebih 20 menit baru siap tersaji di meja. Maka dengan sabar hati saya menunggu dan..inilah penampakan sup Tom Yum a la vegetarian.


Seporsi sup Tom Yum harganya 18.000. Mahal untuk ukuran sup tanpa ikan. Rasa kuahnya enak, segar, pedas walaupun tidak terlalu spicy dan berasa Tom Yum. Tapi cukup enak lah. Isi sup ini tahu (ya potongan tahu goreng setengah matang); terong dipotong dadu; jamur shitake yang berasa seperti pete; potongan bakso palsu sekitar 4 potong; potongan bakso ikan palsu yang berasa amis; dan potongan daging 3x3 cm yang bertekstur mirip daging.

Karena saya makan untuk menambah pengalaman makan dan karena saya juga sangat ingin mencoba aneka jenis makanan vegetarian maka saya tidak terlalu kecewa. Sambil makan saya amati daging, bakso ikan, dan bakso daging palsu itu rasanya sih tidak mirip dengan yang asli tapi teksturnya bagus 80% mendekati yang asli. Asyik lah pengalaman makan kemarin.

Makan masih dilanjutkan dengan menambah porsi kedua. Kakak saya memutuskan memesan ham gulung setelah bingung menentukan pilihan sapi lada hitam atau rawon akhirnya ham gulung pemenangnya. Normalnya ham berarti daging babi, tapi karena vegetarian pastinya ini ham-ham-an pikir saya. Seporsi ham ini harganya 20.000. Mahal lagi kan? Tapi rasanya? Wenak. Untuk orang yang tidak terlalu suka makan sayur olahan sayurnya sangat enak dan gurih. Saya takjub dari mana rasa gurih ini didapat. Sekali lagi waktu tunggu makanan kurang lebih 20 menit. Ini penampakan ham gulungnya.


Balutan tepungnya gurih dan enak. Sawi putih digulung bersama beberapa sayuran di dalamnya. Ada irisan wortel, seledri,  sawi hijau dan sayuran lain saya sudah lupa isinya. Rasanya enak sangat direkomendasikan. Hm...jadi ingin makan ham gulung lagi saya. masih penasaran saya bagaimana rasa gurih itu dibuat tanpa menggunakan kaldu, MSG dan lainnya yang hewani. 

Kesimpulan dari Depot Vegetarian Harmoni adalah :
1. Bawa duit cukup banyak
2. Pesan ham gulung lagi
3. Harus coba menu lainnya yang lebih ekstrim :)

No comments:

Post a Comment