Tuesday, September 11, 2012

Satu Tahun Runaway Diary


�Ledakkan idemu agar kepalamu nggak meledak� � Gol A Gong

Alhamdulillah.. Tak terasa sudah setahun blogku "Runaway Diary" beredar di dunia maya, ikut meramaikan kancah perbloggeran dunia. Selama setahun ini telah terposting sebanyak 72 tulisan, dengan jumlah pageviews mencapai 34.804, dan jumlah follower sebanyak 158. Tentu ini suatu prestasi besar bagiku yang sebelumnya tak punya pengetahuan sama sekali tentang dunia blog, dan tak punya hasrat untuk menulis. Dulu aku merasa diriku ini tak punya bakat dalam bidang menulis. Terbukti dengan nilai mata pelajaran menulis semasa sekolahku dulu yang pas-pasan. Aku lebih senang membaca tulisan orang lain, ketimbang menulis sendiri. Dan aku berpikir, menulis bukanlah bidangku.

Hingga suatu ketika aku dihadapkan pada suatu situasi dimana sahabat, teman, dan orang-orang terdekatku  menjauhiku. Aku kehilangan tempat berbagi ide, pengalaman, dan cerita. Semakin hari semakin menumpuk file-file di otakku, tapi aku tak tahu kepada siapa aku harus berbagi. Saat itu aku merasa tak ada seorangpun yang mau mendengarkanku. Akhirnya jalan yang kutempuh adalah dengan menuliskannya. Tujuanku menulis pada awalnya bukan untuk dibaca orang lain, tapi untuk menyalurkan isi otakku. Seperti kata-kata om Gol A Gong "Ledakkan idemu, agar kepalamu nggak meledak". Kira-kira seperti itulah yang kurasakan. Maka kuledakkan ide-ideku dalam sebuah tulisan.

Tulisan awalku adalah tentang perjalanan yang bagiku cukup fenomenal ke Bali. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Kutuliskan dengan sederhana, kuanggap aku sedang bercerita pada seorang sahabat. Dan berharap dia bisa ikut merasakan apa yang kurasakan. Lalu setelah aku tulis, apa yang aku lakukan dengan tulisanku ini? Hanya disimpan? Ah tidak, aku tetap membutuhkan seseorang untuk membacanya. Maka kuputuskan untuk mengirimnya via email kepada teman dekatku yang tinggal di luar kota yang memang sangat penasaran dengan Bali. Tak berapa lama, aku mendapatkan balasan. Dia bilang "Wah aku suka tulisanmu. Tulisanmu bagus loh. Semua mengalir, seolah aku dibawa langsung kesana. Aku tunggu ceritamu lagi yaa..". Ada rasa aneh saat membaca pujiannya. Aku yang tidak berbakat menulis ini ternyata bisa menyenangkan orang lain melalui sebuah tulisan. Itulah proses awal aku mulai menyadari bahwa meledakkan ide dalam sebuah tulisan, bukan hanya merefresh otak dan melegakan pikiran, tapi juga bisa bermanfaat dan menyenangkan orang lain. Dari situlah aku mulai berpikir untuk membuat sebuah blog, agar tulisanku selanjutnya bisa lebih terorganisir. Dan melalui blog, ledakan ideku tidak  hanya �didengar� oleh lingkungan tertentu saja, tapi bisa mencakup segala penjuru dan segala kalangan. Karena dunia internet dan dunia blogger tak terbatas.

Melalui blog pula aku bisa mendapatkan teman-teman baru, baik di dunia maya maupun nyata. Dengan nge-blog aku bukan hanya belajar menulis, tapi juga seni yang lain. Seperti mendesign tampilannya agar lebih nyaman dikunjungi. Juga bagaimana berinteraksi dengan para pengunjung, agar mereka merasa diterima saat berkunjung di rumah mayaku ini. Blogku ini terbuka untuk siapa saja, dan siap menerima segala komentar, pujian, kritikan bahkan cacian. Aku terima semuanya sebagai sebuah pembelajaran.

Aku sangat berterima kasih kepada teman-teman blogger semua yang membantu proses belajarku ini. Banyak ilmu, ide, dan masukan yang penting bagi perkembangan blog-ku ini. Juga kepada para �admirers�, �silent readers ��n haters�.. terima kasih telah membuat Runaway Diary ini ada. Dan karena kalian pula Runaway Diary tetap ada sampai sekarang, dan tetap konsisten menelurkan postingan.
Itulah sekilas tentang lahirnya Runaway Diary, blog kebanggaanku ini. Semoga kedepannya aku bisa menghadirkan postingan-postingan yang lebih bermutu, bermanfaat dan menghibur para pembaca sekalian. Happy Blogging ^^

Note: Maaf ya.. sudah berhari-hari blog ini sepi. Maklumlah pemiliknya lagi banyak tugas negara.. hehe.. Jadi berhari-hari pula nggak buka komputer �n nggak sempet posting..

No comments:

Post a Comment