Sunday, January 8, 2012

Kota Semarang Selayang Pandang

Setelah puas menikmati Kuil Sam Po Kong, kami melanjutkan perjalanan melewati Kawasan Kota Lama. Di Jakarta ada Kota Tua, nah kalau di Semarang kita bisa temui Kota Lama. Aku selalu menyukai bangunan-bangunan tua di tengah-tengah kota seperti ini. Kadang aku seperti menerawang ke masa lalu, membayangkan kehidupan kota ini di saat jayanya dulu. Banyak kisah dan misteri tersimpan di sana. Andai bangunan tua ini bisa bicara, pasti banyak cerita yang terucap darinya..

Gereja Blenduk dan Kota Lama


Sesuai dengan namanya Kota Lama, di kawasan itu berdiri bangunan-bangunan tempo dulu yang masih kokoh. Banyak di antaranya masih berfungsi. Seperti Gedung Keuangan Negara, Gedung Kantor Pos Besar, beberapa buah hotel dan bank. Bahkan ada juga tempat peribadatan yang masih menggunakan gedung lama tersebut. Seperti gereja yang sangat terkenal ini, Gereja Blenduk. 

 

Setelah mengelilingi Kota Lama. Akhirnya kami menemukan gereja Blenduk ini. Gereja yang memiliki arsitektur unik ini, merupakan gereja tertua di Kota Semarang. Umurnya sudah mencapai 3 abad, tapi masih sangat bersih dan terawat. Gereja ini mempunyai kubah berwarna orange kemerahan, yang menjadikannya mencolok di antara bangunan-bangunan tua lainnya. Sampai sekarang gereja ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat kristiani. Katanya gereja ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat-lihat bagian dalam gereja ini. Tapi kami tak sempat melihat ke dalam. Sayang ya..

Namanya juga hanya mampir, jadi kami memang tak berlama-lama di sana, hanya sekedar melihat-lihat dan mengambil beberapa foto saja. Apalagi saat itu matahari sedang terik-teriknya, sungguh tak nyaman juga untuk berlama-lama. 


Masjid Agung Jawa Tengah


Dari klenteng ke gereja, dari gereja ke masjid. Seperti wisata religi saja ya.. hehe.. Yup, kini saatnya meninggalkan Kota Lama menuju Masjid Agung Jawa Tengah. Konon masjid ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Dan benar saja, saat sampai di sana, aku langsung terkagum-kagum oleh keindahan arsitektur dan kemegahannya. Masjid ini memang sangat luas dan memiliki arsitektur yang unik, semacam perpaduan antara bangunan Timur Tengah dan Romawi. Di tengah-tengah ada halaman luas yang terdapat 6 payung raksasa, yang bisa membuka dan menutup otomatis. Wah keren ya.. 








Satu lagi yang menarik dari masjid itu adalah menaranya, yang disebut dengan Al Husna Tower. Dari menara itu kita bisa melihat pemandangan Kota Semarang dari atas, termasuk pemandangan di Pelabuhan Tanjung Mas. Tapi sayang sekali pada waktu itu aku tak tahu kalau ternyata kami boleh naik ke atas. Sepertinya lebih asik kalau naik ke menara itu pada malam hari, sambil menikmati suasana malam Kota Semarang. Aaah.. romantisnya.. :)



Kota Semarang memang kota yang anggun dan eksotis. Suatu saat nanti aku pasti kembali ke sana untuk menjelajah dan mengenal kota itu lebih jauh lagi. 

No comments:

Post a Comment