Monday, October 8, 2012

Virus Amigurumi


Apa sih amigurumi itu? Pasti banyak yang belum tahu tentang seni yang berasal dari negeri sakura ini. Tapi bagi penggemar rajut merajut, pasti sudah kenal. Nah bagi yang belum tahu, aku jelasin sedikit ya. Amigurumi, berasal dari dua kata yaitu ami yang artinya rajutan. Dan nuigurumi yang artinya boneka. Jadi amigurumi adalah seni merajut boneka. Biasanya boneka yang dibuat mempunyai ukuran yang kecil. Berbagai karakter bisa dibuat versi amiguruminya. Dan tentunya dibutuhkan jiwa seni dan ketekunan untuk membuatnya.

Nah, sekitar sebulan yang lalu aku tiba-tiba tertarik membuat amigurumi. Berbekal pelajaran ketrampilan merajut yang kudapat saat SMP dulu, aku secara otodidak mencoba mendalami seni ini. Awalnya sih karena ingin membuat boneka panda untuk diri sendiri. Namun belum jadi membuat boneka panda, eh anak-anakku udah request macam-macam. Untuk percobaan pertama aku membuat boneka kepik untuk Ariq. Lalu Lita ngiri dan minta dibuatkan boneka kura-kura. Ternyata hasilnya lucu-lucu loh. Sepertinya aku cukup berbakat membuat amigurumi.. Hehe..




Setelah itu berbagai macam karakter mulai kubuat satu per satu. Ternyata membuat amigurumi itu menyenangkan loh. Memang dibutuhkan ketelatenan dan ketekunan, tapi kalau lihat hasilnya rasanya puas dan senang. Apalagi kalau hasil karya itu disukai banyak orang. Tentunya makin membanggakan. Nah itulah yang kurasakan. Walaupun aku baru di dunia amigurumi ini, tapi hasil karyaku disukai teman-temanku. Bahkan banyak yang minta dibuatkan boneka rajut dengan berbagai karakter. Dan waktu-waktu senggangku kini aku isi dengan mengerjakan orderan amigurumi. Alhamdulillah mereka puas dengan karyaku. Dan lumayan bisa nambah-nambah modal buat beli benang. Nggak nyangka, hobiku yang awalnya iseng saja, ternyata bisa menambah uang jajan.. Hehe






Sebenarnya aku ingin lebih serius di hobiku ini, dan membuka website khusus untuk memajang karya-karyaku. Tapi apa daya waktuku tak banyak. Takut nggak sempat ngurus.  Jadi untuk sementara aku kenalkan hobi amigurumi ini lewat facebook dan blogku ini.

Gara-gara sering ngerjain pesanan, beberapa kali Lita dan Ariq membujukku berhenti kerja kantoran, katanya "Mama buka toko rajutan aja. Jadi nggak usah ke kantor, ngerjain rajutan aja di rumah, bikin amigurumi. Pasti banyak yang beli". Tapi kata ibuku "Ngerajut ki kan ra iso di nggo butuh". Maksudnya hasil jualan rajutan kan nggak bisa buat memenuhi kebutuhan hidup. Hehe..

Foto-foto di atas adalah foto amigurumi karyaku. Lucu-lucu ya.. Yang mau pesan boleh kok.. *halah malah promosi.. Hihihi..:P

No comments:

Post a Comment