Wednesday, July 15, 2009

Mengakses Data Sharing di Samba Server menggunakan Linux Fedora 10

info-utama.blogspot.com





Untuk anda yang menggunakan Samba Server di Fedora 10, mungkin anda ada yang mengalami masalah sharing data tidak bisa dibuka melalui client ( windows ) dan muncul pesan �..don�t have permission..bla..bla..� tetapi direktori yang dishare sudah keliatan di dalam Network Neighborhod, padahal semua setingan sudah dilakukan sesuai panduan mulai dari ip addres, Ethernet, workgroup, alias name, hak akses user di samba dsb..

Masalah ini pernah saya alami, tiap kali saya mencoba membuka direktori yang dishare dari client windows XP hasilnya selalu gagal..gagal�dan gagal. Kalo sudah begitu pasti di Linux Fedora muncul Pesan Error yang berlambang bintang warna kuning yang namanya SELinux Troubleshooter.



Akhirnya saya baca semua yang tertera di daftar SELinux Troubleshooter. Bla..bla�selese baca, disitu diperintahkan untuk melakukan perintah �setsebool -P samba_export_all_ro=1� untuk bisa membuka akses pada direktori yang dishare di Samba.

Kemudian saya buka Terminal saya ketikan setsebool -P samba_export_all_ro=1 lalu tekan enter dan tunggu proses beberapa detik. Hemm� akhirnya semua direktori yang saya share melalui Samba Server di Fedora 10 bisa saya buka dari client ( Windows XP )



Moga membantu :-)

No comments:

Post a Comment